Proses Pemulihan Pasca Melahirkan


Proses pemulihan pasca melahirkan merupakan proses yang cukup membutuhkan komitmen. Selama masa kehamilan, bentuk dan ukuran tubuh bunda tentu berubah. Jadi untuk pemulihannya pun membutuhkan waktu. Ikuti artikel berikut untuk mengetahui lebih dalam tentang proses pemulihan pasca melahirkan.

Bukan rahasia bila pasca melahirkan, bunda ingin mengembalikan bentuk tubuh lebih baik. Untuk menyenangkan suami, tentu bunda akan berusaha lebih supaya tubuh terlihat seksi seperti sebelum mengandung.

Keluhan setelah persalinan muncul dan cukup berbeda dengan pada masa kehamilan. Memulihkannya pun tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kesabaran dan komitmen. Keluhan ini misalnya otot perut terasa kendur, punggung nyeri, dan muncul garis strech marks di berbagai lokasi tubuh. Memang sudah menjadi resiko bila bunda melahirkan.

Keluhan lain juga ada, yaitu:

  • Perut terasa mulas. Ini terjadi karena rahim sedang membersihkan diri untuk mengurangi infeksi dan perdarahan lanjutan.
  • Punggung terasa sakit. Tidak cukup disitu, otot-otot tubuh pun masih terasa lemah dan juga Anda akan merasa tidak nyaman pada daerah bahu dan leher.
  • Badan mengalami demam. Anda perlu mewaspadai terjadinya infeksi pasca persalinan, hubungi dokter jika temperatur tubuh lebih dari 39°C.
  • Gejala seperti kurang darah juga akan Anda alami yaitu merasa lesu, lelah, letih dan lemah.
  • Apabila Anda semasa hamil mengalami sembelit, kemungkinan besar akan berlanjut setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena  pembengkakan di sekitar kandung kemih dan saluran kemih.
  • Selama beberapa hari pertama, cairan nifas akan keluar cukup deras, lalu berangsur surut hingga lenyap sama sekali.

Dan ketika anda ingin semua keluhan itu lenyap, anda perlu benar-benar bersabar, karena masa pasca melahirkan juga masa yang memerlukan naluri keibuan anda untuk tetap menyusui bayi yang baru anda lahirkan. Sehingga cukupi nutrisi untuk menyusui.

Gunakan korset atau stagen mungkin dapat membantu anda mengecilkan perut, namun hal-hal semacam ini perlu dilakukan ketika anda sudah selesai mengalami masa nifas. Percayalah, kesabaran anda akan membuahkan hasil yang baik bagi perkembangan kesehatan anda dan buah hati. Jadi nikmati saja proses pemulihan pasca melahirkan.

About arienunu

hello my name is arie paramitha devi .. this is my new blog .. enjoy it !! :)
This entry was posted in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s